Tips-Tips untuk Menjaga Kesehatan Jemaah Umrah

Umrah adalah salah satu ibadah sunah yang kerap dilakukan umat Islam di seluruh dunia dan cukup rutin dilakukan. Meski sering dilakukan, kesehatan jemaah umrah tetap harus diperhatikan. Pasalnya, ibadah tersebut mengharuskan para jemaah mengikuti berbagai tata cara, mulai dari mandi junub, tawaf, sa’i, hingga tahalul. Lalu, semua kegiatan umumnya dilakukan dengan berjalan kaki. Bisa dibayangkan berjalan seharian di sebuah negara dengan suhu yang cukup panas?

Apalagi saat umrah, kamu akan menemui banyak orang dari negara lain. Ini berarti risiko kamu terpapar virus atau bakteri dari jemaah lain jadi lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kesehatan selama ibadah. Tips berikut mungkin bisa membantu.

Tips untuk Jaga Kesehatan Jemaah Umrah

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar jemaah umrah tetap terjaga kesehatannya.

●      Vaksinasi

Meskipun vaksinasi berbeda-beda di setiap negara, berikut adalah beberapa vaksin wajib untuk jemaah umrah sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

  • COVID-19
  • Meningokokus Meningitis
  • Polio
  • Demam
  • Influenza musiman

Pemerintah Saudi juga merekomendasikan vaksin terhadap penyakit seperti Hepatitis A, Pneumonia, Hepatitis B, Tifus dan Tetanus.

●      Minum Banyak Air

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghindari masalah kesehatan selama haji adalah tetap terhidrasi. Seperti yang kita tahu bahwa haji dalam beberapa periode terakhir ini selalu berlangsung di pertengahan tahun, dalam waktu-waktu tersebut suhu di Arab Saudi kemungkinan besar akan selalu  berada di atas 40 derajat Celcius. Jadi, untuk menghindari serangan panas, penting bagi jemaah untuk minum banyak cairan selama perjalanan.

Selain itu, jus buah kemasan juga baik untuk menjaga kesehatan kamu. Supaya  tetap sehat selama umrah,  idealnya kamu perlu mengonsumsi sekitar 10 hingga 12 gelas air putih setiap hari.

●      Hindari Makanan atau Minuman yang Kurang Meyakinkan

Kamu perlu berhati-hati tentang apa yang harus dimakan dan diminum selama ibadah umrah karena diare tercatat sebagai salah satu  penyakit yang paling umum diderita oleh para jemaah. Meskipun ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini, keracunan makanan tetap menjadi penyebab utamanya.

Tidak dimungkiri orang-orang kerap membeli makanan dari penjual lokal. Lalu, mereka mungkin akhirnya mengonsumsi makanan yang kurang matang atau terkontaminasi. Hal ini dapat menyebabkan mual, muntah, keram perut dan diare. Dampaknya, jemaah akan merasa lemas dan susah berjalan. Jika ini terjadi, jemaah tidak dapat melaksanakan ibadah secara optimal.

Cara terbaik untuk menghindari keracunan makanan adalah dengan memperhatikan kebiasaan makan selama ibadah. Jangan makan ayam yang masih terlihat agak merah muda atau sayuran yang baunya agak aneh. Sebagai gantinya, kamu bisa makan makanan kemasan dan kaleng karena memiliki umur simpan yang lebih lama dan umumnya kurang berisiko untuk dikonsumsi saat bepergian. Selain itu, hindari makanan berlemak dan gorengan untuk menjaga pola makan seimbang selama perjalanan ibadah.

●      Sering Cuci Tangan

Saran lain untuk rombongan jemaah agar tetap sehat adalah mencuci tangan sesering mungkin. Kamu perlu melakukan ini terutama sebelum dan sesudah makan atau setelah batuk, bersin, dan ke kamar mandi. Jika kamu mengalami luka, pastikan kamu tidak menyentuhnya sebelum mencuci tangan dengan sabun dan air secara menyeluruh meskipun kelihatannya bersih.

Namun, jika kamu tidak dapat mencuci tangan, bawalah sebotol kecil hand sanitizer di dalam tas sehingga bisa kamu gunakan kapan pun.

Kegiatan ini akan membantu kamu tetap sehat selama ibadah dengan mengurangi penyebaran kuman dan penyakit. Selain itu, cobalah menghindari berjabat tangan, berpelukan, menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan jemaah lain karena kamu selalu berisiko tertular infeksi.

●      Konsumsi Multivitamin

Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa multivitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan dan memperkuat tubuh. Jadi, pertimbangkan untuk membawa sendiri suplemen yang mengandung Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, kalsium dan magnesium untuk dikonsumsi setiap hari.

Vitamin B bisa meningkatkan energi, sementara Vitamin C akan membantu membangun kekebalan. Selanjutnya, Vitamin D dan kalsium sangat bagus untuk tulang dan persendian. Lalu, magnesium akan membantu meredakan kecemasan, stres, dan merilekskan tubuh serta jantung.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan jemaah umrah yang perlu kamu ketahui. Selain itu, pastikan untuk beristirahat kapan pun kamu merasa lelah selama beribadah umrah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.