Langkah Mudah Memulai Bisnis Modal Kecil di Bidang Fashion

Anda ingin memulai bisnis tetapi terkendala modal? Tenang, kemajuan zaman saat ini menyuguhkan banyak peluang di bidang fashion yang bisa menjadi ladang bisnis usaha Anda dengan modal minimal. Tertarik untuk mengetahui lebih jauh? Yuk, simak langkah mudah memulai bisnis modal kecil di bidang fashion berikut ini.

Buat Daftar Peluang Usaha Fashion

Ada banyak peluang usaha di bidang fashion dengan modal yang relatif kecil, bahkan ada juga yang tanpa modal. Anda bisa mencobanya tanpa perlu menyediakan modal besar terlebih dahulu.

1.     Reseller

Menjadi reseller merupakan salah satu langkah mudah memulai bisnis modal kecil. Hanya dengan membeli beberapa produk, Anda bisa menjadi reseller sebuah brand. Beberapa produsen mungkin menarik biaya pendaftaran reseller untuk menjaga keseriusan reseller yang mendaftar, tetapi biayanya relatif murah kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Namun, ada juga produsen yang menggratiskan biaya pendaftaran reseller hanya dengan pembelian beberapa produk, misal setengah lusin baju  dalam satu kali pembelian.

Menjadi reseller memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis pemula. Anda sudah bisa mulai berjualan dengan produk yang Anda miliki. Anda tidak perlu menyiapkan modal yang begitu besar, dan risiko stok macet juga lebih minimal karena produk yang Anda miliki tidak terlalu banyak.

Selain itu, biasanya ada fasilitas bimbingan untuk menjadi reseller sukses dari produsen yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar berbisnis.

2.     Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda jalankan tanpa modal atau dengan modal yang sangat minimal. Dropshipper tidak perlu melakukan pembelian produk terlebih dahulu untuk mulai berjualan produk fashion.

Dropshipper akan mendapatkan marketing tools berupa foto atau video produk beserta deskripsinya dari produsen atau distributor. Tugas dropshipper adalah mempromosikan produk tersebut. Jika ada transaksi pembelian, dropshipper tinggal melakukan pembayaran kepada distributor lalu pihak distributor yang akan melakukan pengemasan dan pengiriman atas nama dropshipper.

Menjadi dropshipper cukup mudah bukan? Hanya bermodal ponsel dan paket data internet Anda sudah bisa memulai usaha. Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih menjadi dropshipper adalah memilih agen atau distributor yang memiliki stok banyak, sistem pembelian yang mudah dan cepat, serta customer service yang fast response.

Mengapa ini penting? Hal ini untuk menghindari terjadinya kekecewaan konsumen Anda akibat stok kosong atau proses pembelian yang lama ketika ingin membeli produk yang Anda tawarkan.

3.     Jastip

Peluang  bisnis modal kecil berikutnya di bidang fashion adalah jasa titip belanja. Jasa titip (jastip) merupakan usaha membelikan produk di pusat perbelanjaan dengan harga sesuai banderol toko. Lalu dari mana labanya? Jastip akan mengenakan uang jastip kepada customer pada setiap produk yang dibelinya.

Saat ini jastip makin banyak dibutuhkan, terutama bagi kalangan sibuk yang tidak sempat melakukan pembelanjaan sendiri ke pusat perbelanjaan atau lokasi tempat tinggal yang jauh dari pusat perbelanjaan. Keberadaan jastip menjadi penyelamat bagi customer yang menginginkan produk yang dijual di pusat perbelanjaan atau mall, tanpa perlu menghabiskan tenaga dan waktu untuk pergi ke mall.

Kemudahan dan kepraktisan inilah yang membuat jastip cukup banyak diminati saat ini. Makin banyak jumlah pesanan produk yang Anda terima, maka makin besar pula akumulasi jasa titip yang Anda dapatkan.

Pilih Peluang Usaha yang Sesuai dengan Anda

Setelah mengetahui beberapa peluang bisnis modal kecil di bidang fashion, langkah selanjutnya adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan Anda dan kesibukan Anda. Pastikan Anda dapat menjalankannya dengan baik.

Fokus

Setelah memilih jenis usaha yang Anda jalankan. Teruslah fokus mengerjakannya hingga mencapai hasil yang maksimal. Memulai usaha memang tidak selalu berjalan mulus. Namun, jika Anda fokus, kesuksesan akan lebih mudah dicapai.

Konsisten

Hal yang tidak kalah penting dalam memulai sebuah usaha, yaitu konsisten. Jika Anda serius dan konsisten dalam menjalani bisnis, lambat laun bisnis Anda akan berkembang dan sukses. Ingat kata pepatah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi, tetaplah fokus dan konsisten.

Demikian beberapa langkah mudah memulai bisnis modal kecil di bidang fashion yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.