5 Manfaat Penting Membuat Laporan Keuangan Bagi Pengusaha

Masalah keuangan mungkin menjadi problem utama yang dialami banyak pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Untuk itu, laporan keuangan menjadi salah satu solusi dalam meminimalkan masalah yang mungkin muncul dalam menjalankan sebuah bisnis.

Selain memperkecil munculnya  masalah, cukup banyak manfaat penting yang didapatkan oleh pengusaha dari adanya laporan tersebut. Yuk, kita bahas lebih detail!

Jenis-jenis Laporan Keuangan dan Manfaatnya

Laporan keuangan merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan. Tujuan dari pembuatannya ialah agar kamu mengetahui informasi secara lengkap mengenai kondisi keuangan perusahaan. Apabila ada perubahan dari keuangan perusahaan, kamu bisa dengan mudah mengambil keputusan di kemudian hari.

Selain itu, laporan tersebut juga dapat digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas sebuah kegiatan perusahaan kepada investor maupun pihak lain yang bersangkutan.

Sebelum membahas mengenai manfaat dari laporan kondisi keuangan perusahaan lebih lanjut, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa jenisnya. Berikut beberapa jenis dari  laporan keuangan.

●      Neraca Keuangan

Laporan neraca keuangan dibuat untuk mengetahui jumlah nominal yang dimiliki oleh perusahaan, termasuk di dalamnya  modal usaha, dan utang perusahaan yang dimiliki pada periode tertentu.

●      Laba Rugi

Laporan laba rugi menjadi tolok ukur kondisi perkembangan sebuah perusahaan Apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian? Dengan begitu, kamu bisa mengetahui secara detail mengenai pendapatan dan biaya pengeluaran perusahaan setiap bulannya.

●      Arus Kas

Dengan adanya laporan arus kas, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jumlah penambahan dan pengurangan kas perusahaan sehingga arus kas dalam periode tertentu dapat diketahui secara detail.

●      Perubahan Modal

Untuk mengetahui selisih dari penambahan atau pengurangan modal perusahaan dari waktu ke waktu, kamu perlu membuat laporan perubahan modal. Dengan begitu kamu juga akan mudah menentukan budget bisnis untuk kedepannya.

Manfaat Laporan Keuangan

Adapun manfaat dari pembuatan catatan keuangan bagi pengusaha adalah sebagai berikut.

1.     Sebagai Bahan Dasar dalam Perhitungan Pajak

Pembayaran pajak tidak hanya diberlakukan kepada wajib pajak perorangan, tetapi badan usaha atau perusahaan juga dikenai pajak. Maka dari itu, catatan keuangan merupakan hal terpenting dalam sebuah perusahaan sebagai salah satu bahan dasar dalam menentukan besarnya pajak perusahaan yang harus dikeluarkan.

2.     Syarat dalam Pengajuan Pinjaman Modal

Catatan keuangan yang baik menjadi salah satu pertimbangan dalam persetujuan peminjaman modal yang diajukan kepada bank maupun kreditur lain. Untuk itu, penting adanya laporan mengenai keuangan perusahaan, apalagi buat kamu yang baru memasuki dunia bisnis. Pasalnya, memulai sebuah usaha tentu membutuhkan modal awal.

3.     Memantau Jumlah Keuntungan dan Kerugian yang Diperoleh Perusahaan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu tentu akan melewati berbagai fase tertentu, mulai dari mendapatkan untung hingga mengalami kerugian. Dalam hal ini laporan keuangan berperan penting agar kamu mengetahui debit dan kredit perusahaan sehingga dapat menganalisis jumlah keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan.

4.     Sebagai Pemisah antara Aset Perusahaan dan Pribadi

Seorang pengusaha profesional harus selalu memisahkan antara aset perusahaan dan pribadi. Hal ini akan menguntungkan pemilik jika terjadi sesuatu pada perusahaan. Akibatnya, persoalan yang terjadi pada perusahaan tidak akan memengaruhi kehidupan pribadi. Untuk itu, catatan keuangan menjadi salah satu alat pemisah agar aset bisnis dan pribadi tidak tercampur.

5.     Sebagai Acuan dalam Mengambil Keputusan

Salah satu manfaat adanya catatan keuangan adalah sebagai acuan dalam mengambil keputusan. Kamu bisa mengevaluasi kondisi keuangan selama menjalankan bisnis.

Dengan mengetahui perkembangan kondisi keuangan yang diperoleh, kamu akan dengan mudah mengambil keputusan perkara jumlah investasi, dana maksimal yang perlu dikeluarkan untuk bisnis kedepannya, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan bisnis, kamu juga memerlukan strategi. Adanya catatan keuangan akan membantu kamu dalam menentukan strategi apa yang akan menaikkan pendapatan perusahaan ke depannya.

Selain itu, manajemen perusahaan juga bisa mengetahui apakah strategi yang digunakan sebelumnya mengakibatkan keuangan perusahaan sehat, krisis, atau justru mengalami kebangkrutan.

 

Sekarang sudah tahu bukan beberapa manfaat penting membuat laporan keuangan dalam melakukan bisnis? Buat kamu yang sedang membangun usaha atau memiliki perusahaan jangan mengabaikan hal ini, ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.